PAD Banjarbaru Optimistis Lampaui Target, Ini Penjelasan Kepala BPPRD Banjarbaru

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU – Pendapatan Asli Daerah (PAD) triwulan ketiga yang ditutup September pada penerimaan sudah lebih dari Rp79,56 milyar. Berdasar hal itu penerimaan PAD Kota Banjarbaru tahun 2017 diprediksi melampaui target yang ditetapkan dari Rp185 milyar sesuai APBD Perubahan 2017.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Restribusi Daerah (BPPRD), Rustam Effendi mengatakan secara komulatif yang dikelola pihaknya khusus pajak yang langsung dikelola ada 10 jenis pajak pada tahun 2017 ini di triwulan ketiga sudah mencapai 70 persen.

Misalnya, target yang terbesar pada pajak rumah makam (restoran), pajak penerangan jalan (PPJ), dan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) atau pungutan atas perolehan hak atas tanah dan atau bangunan Untuk restoran, kata Rustam, targetnya Rp14 milyar sudah terealisasi Rp13 milyar sejak akhir September 2017 kemarin atau 92.85 persen. “Insya Allah pajak restoran ini akan over target,” tegasnya.Sementara PPJ dari target Rp24 milyar sudah tercapai Rp20 milyar atau 82 persen dan ini diprediksi bisa over target. Sementara pajak BPHTB targetnya Rp19 milyar sudah terealisasi Rp18 milyar atau tercapai Rp16 milyar.

“Insya Allah dalam bulan ini kita maksimalkan untuk mencapainya karena ada komponen yang menyertainya,” katanya optimis.

Menurut dia, dari total PAD Banjarbaru mulainya ditarget Rp175 milyar dan di APBD Perubahan targetnya naik menjadi Rp185 milyar karena ada beberapa potensi yang bisa bergerak diantaranya pajak BPHTB, restoran dan PPJ. (*)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *